Headlines News :
Home » , , » Puluhan Mahasiswa Bali Demo Tolak WTO

Puluhan Mahasiswa Bali Demo Tolak WTO

Written By Pimpinan Pusat Fmn on Minggu, 01 Desember 2013 | 22.56


2 Dec 2013 12:17:17
Jakarta, Aktual.co — Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Forum Mahasiswa Nasional berunjuk rasa menolak Konferensi Tingkat Menteri Organisasi Perdagangan Dunia (WTO-World Trade Organization) di depan Kantor Agen Konsuler Amerika Serikat di Denpasar.

"Kami menolak atas liberalisasi yang dijalankan melalui skema WTO. Kami desak pemerintah untuk tidak ambil bagian dan mengikuti perjanjian WTO," ungkap Sekretaris Jenderal Forum Mahasiswa Nasional (FMN), Muhammad Hasan Harry Sandy Ame, di Denpasar, Senin (2/12).

Unjuk rasa tersebut digelar di sekitar kawasan Kantor Agen Konsuler Amerika Serikat di Jalan Hayam Wuruk, Denpasar.

Dia menyatakan bahwa Amerika Serikat merupakan salah satu negara anggota WTO yang memiliki peran dominan dan mengontrol setiap perjanjian dalam pertemuan tingkat menteri perdagangan dunia itu.

"Mereka (Amerika Serikat) memegang kontrol atas kebijakan dalam WTO. Sehingga setiap pertemuan selalu 'deadlock' yang menghasilkan ketimpangan antara negara miskin dan maju," ucapnya.

Ia mengungkapkan bahwa sebagai lembaga perdagangan global yang mengikat secara hukum, WTO juga memberikan dampak terhadap pendidikan.

Sandy menjelaskan bahwa melalui Kesepakatan Umum terkait Tarif dan Perdagangan (GATT) WTO, kapitalisme monopoli telah menjalankan kebijakan pencabutan subsidi pendidikan sebagai program universal.

"Akibatnya biaya pendidikan semakin meningkat dari tahun ke tahun dan tidak terjangkau oleh rakyat," katanya.

Pemerintah anggota WTO, menurut dia, akan terus berupaya mengintensifkan skema deregulasi, liberalisasi, dan privatisasi untuk melepaskan tanggungjawab atas pendidikan berkualitas.

Selain mempengaruhi pendidikan, lanjut Sandy, dibalik skema WTO, pemuda dikhawatirkan kian terancam dengan makin sempitnya lapangan pekerjaan, perdagangan tenaga kerja, dan politik upah murah.

"Mahasiswa pada akhirnya akan menjadi komoditas tenaga kerja," ucapnya berapi-api.
diambil dari: http://m.aktual.co/nusantara/120728puluhan-mahasiswa-bali-demo-tolak-wto

Share this article :

0 komentar:

 
Support : PP FMN | wisata jogja | SPOER
Copyright © 2011. Front Mahasiswa Nasional - All Rights Reserved
Thanks to: Mas Kolis
Proudly powered by Blogger