Headlines News :
Home » » FMN "Indonesia Bangkit Untuk Sinabung"

FMN "Indonesia Bangkit Untuk Sinabung"

Written By Pimpinan Pusat Fmn on Kamis, 16 Januari 2014 | 00.17







No            : 05/A/PP-FMN/I/2014
Hal           : Seruan Penggalangan Bantuan Sinabung
Lampiran   : -

Indonesia Bangkit Tanggap Bencana Sinabung
Bencana dari Negeri Air Mata, luka Mereka luka kita juga
Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, masih sering terjadi gempa letusan yang didominasi awan panas berkisar hingga 17-30 kali dalam sehari. Dari data BNPB, aktivitas letusan terjadi terus-menerus yang diikuti oleh awan panas. Bahkan, tinggi letusan mencapai 2.500 hingga 4.500 Meter ke arah Tenggara Selatan. Gempa vulkanik dan gempa hybrid juga diprediksi masih tinggi.Bencana Sinabung tersebut mengakibatkan sekitar 39.431 jiwa (± 8.161 KK) mengungsi di 39 titik pengungsian dan korban tewas 16 orang  (sumber;vivanews).
Namun sudah empat bulan terjadi erupsi sejak september tahun lalu, belum ada langkah kongkret dari pemkab bahkan pemerintah pusat untuk membantu warga yang terkena dampak bencana Sinabung. Banyak kalangan yang mengkritik Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang lambat merespons bencana tersebut di tengah kondisi pengungsi yang semakin hari semakin memprihatinkan. Sama halnya dengan banjir yang menggenangi Jakarta, Manado, Sumsel, Jawa Barat saat ini.
Masyarakat kabupaten karo mayoritas bekerja sebagai petani sayur-sayuran, bunga dan usaha pengembangan wisata. Tentu dengan bencana erupsi Sinabung membuat masyarakat kehilangan lahan pertanian, harta benda bahkan jiwa mereka.Diprakirakan  masyarakat mengalami kerugian di lahan pertanian seluas 10.406 terhitung sejak Gunung Sinabung erupsi hingga 13 Januari 2014 sekitar Rp 712,2 miliar. Lahan pertanian tersebut meliputi Tanaman pangan (1.837 ha), hortikultura (5.716 ha), tanaman buah (1.630 ha), biofarmaka (1,7 ha), dan perkebunan (2.856 ha). Sedangkan Luas lahan pertanian yang rusak tersebut tersebar di 4 kecamatan yaitu Naman Tean, Simpang Empat, Payung dan Tigandreket.

"Berdasarkan data yang diperoleh dari Dinas Pendidikan Kabupaten Tanah Karo, hingga tanggal 9 Januari terdapat 3.039 anak sekolah yang berada di lokasi pengungsian dengan rincian 2.107 pelajar tingkat SD, 751 pelajar tingkat SLTP, 181 pelajar tingkat SMA dan ada 477 mahasiswa, Melihat keadaan demikian, seharusnya itu menjadi tugas dan tanggung jawab pemerintah dalam mendirikan sekolah alternatif di tempat-tempat pengungsian. Sehingga pelajar korban bencana tetap tidak ketinggalan pelajaran. Namun sekali lagi pemerintahan masih abai dalam menanggapi bencana Sinabung. Bahkan pemerintah SBY masih belum menentapkan bencana Sinabung menjadi bencana nasional yang sudah diatur dalam UU Nomor 24 tahun 2007 tentang Penanganan Bencana, yang bisa dinilai dari tingginya korban jiwa, kerusakan dan kerugian yang dialami masyarakat.

FMN sebagai organisasi mahasiswa yang terlibat aktif dalam perjuangan dan tertempa siap menyelesaikan persoalan yang dihadapi rakyat, maka sudah menjadi kewajiban kita melakukan Kegiatan “Indonesia Bangkit Tanggap bencana Sinabung”.Oleh karena itu berdasarkan kondisi objektif erupsi sinabung di kabupaten Karo Sumatera Utara, kita dari Pimpinan pusat menyerukan seluruh Cabang-cabang FMN yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia untuk segera melakukan penggalangan dana. Sementara kepada FMN Cabang Medan Sebagai cabang terdekat dengan lokasi bencana secara khusus menyerukan, tetap melakukan penggalangan dana, lalu memprogramkan segera  ke lokasi bencana untuk membantu korban serta  mendirikan sekolah pengajaran alternatif sebagai wujud pengabdian kita terhadap masyarakat. Sedangkan  hasil dari penggalangan dana ,semua akan disampaikan kepada korban. Bantuan-bantuan bisa berupa uang, makanan, minuman,pakaian, obat-obatan dan perlengkapan lainnya melalui PP FMN atau FMN Cabang Medan.

Demikian seruan ini kami sampaikan, Semoga aktivitas dari seluruh levelan organisasi FMN Se-Nasional dapat berjalan lancar serta mendapatkan empati yang tinggi dari kalangan anggota, mahasiswa dan rakyat Indonesia.“Indonesia bangkit Tanggap Bencana Sinabung.

No. Rekening BRI Otista 034001000208537 a/n Yogo Daniyanto


Pimpinan Pusat FMN



Yogo Daniyanto
Kordinator Serve The People
Share this article :
 
Support : PP FMN | wisata jogja | SPOER
Copyright © 2011. Front Mahasiswa Nasional - All Rights Reserved
Thanks to: Mas Kolis
Proudly powered by Blogger