Headlines News :
Home » » FMN: Sambut Hardiknas 2014 dengan meneriakkan, Cabut Undang-Undang Pendidikan Tinggi (UU DIKTI) & Hapuskan UKT

FMN: Sambut Hardiknas 2014 dengan meneriakkan, Cabut Undang-Undang Pendidikan Tinggi (UU DIKTI) & Hapuskan UKT

Written By Pimpinan Pusat Fmn on Kamis, 01 Mei 2014 | 20.07




Pendidikan adalah bagian yang tidak bisa terpisahkan dari kehidupan rakyat. Pendidikan adalah alat untuk memajukan taraf kebudayaan rakyat dan menjawab seluruh persoalannya. Demikian pula dengan semangat pendirian sebuah negara, negara pada pembentukannya tentu memprioritaskan agar pendidikan dijadikan sebagai salah-satu tujuan utamanya. Begitu pula halnya dengan Indonesia. Pada saat proklamasi 1945, pendidikan dijadikan sebagai salah-satu tujuan, yaitu Mencerdaskan Kehidupan Bangsa. Demikian pentingnya posisi pendidikan dalam bangsa dan negara Indonesia ini, sehingga  terukirnya momentum Hari Pendidikan Nasional, setiap tanggal 2 Mei kita peringati sebagai hasil perjuangan rakyat Indonesia. Momentum Hardiknas harus dapat menjadi sarana sebagai salah-satu dari bagian perjuangan rakyat secara terus-menerus untuk melawan liberalisasi, privatisasi, dan komersialisasi pendidikan yang menjadi polemik pendidikan Indonesia saat ini.

Tujuan pendidikan telah melenceng jauh dari cita-cita mulianya untuk membebaskan manusia Indonesia dari penjajahan Imperialisme dan Feodalisme yang terbelakang. Hingga saat ini, pendidikan bahkan ditujukan untuk merawat dan melanggengkan sistem usang setengah jajahan dan setengah feodal yang telah terbukti menindas dan menyengsarakan rakyat Indonesia. Berbagai persoalan pendidikan di Indonesia tampak dari kebijakan-kebijakan di bidang pendidikan yang anti terhadap rakyat. Mulai dari Perjanjian kerjasama Indonesia dengan GATTs 1995 tentang perdagangan jasa pendidikan, PP nomor 61 Th 1999, PT.BHMN, UU Sikdiknas sampai dengan UU DIKTI, yang keseluruhannya memberikan isyarat penerapan liberalisasi, komersialisasi dan privatisasi di dunia pndidikan.

Buruknya sistem pendidikan di Indonesia mempengaruhi kualitas yang rendah. Hal itu  disebabkan akibat orientasi pendidikan, bukan lagi mencerdaskan kehidupan bangsa, akan tetapi bersifat mempertahankan system yang usang, tua setengah jajahan setengah feudal. Fasilitas pendidikan yang rendah bukan dijawab dengan perbaikan yang bertujuan mendukung roses belajar mengajar. Akan tetapi, Perbaikan fasilitas pendidikan berprinsipkan privatisasi dengan konsep investasi. Inilah salah-satunya yang menyebabkan fasilitas harus dibayar ketika ingin digunakan mahasiswa untuk pengembangan akademiknya.  

Dengan demikian Kami PP FMN mengucapkan “ Selamat Hari Pendidikan Nasional 2014 serta kampanyekan Cabut Undang-Undang Pendidikan Tinggi (UU DIKTI) & Tolak UKT. Hentikan Liberalisasi, Komersialisasi dan privatisasi pendidikan”.  Adapun tuntutan lain adalah;

1.        Cabut Sistem Ujian Nasional (UN) yang tidak mampu meningkatkan  kualitas pendidikan di Indonesia
2.        Realisasikan anggaran pendidikan 20% dai APBN/D di luar gaji pengajar & dosen.
3.     Cabut Surat Keputusan Dirjen Dikti No 26 Tahun 2002 tentang pelarangan organisasi ekstra kampus dan SK rektor pendukungnya.
4.      Tingkatkan Kesejateraan Guru, dosen serta Honorer
5.        Libatkan mahasiswa dalam menetapkan seluruh kebijakan kampus.
6.       Hapuskan Kurikulum Pendidikan Nasional 2013
7.        Menentang korupsi di dunia pendidikan
8.   Wujudkan Sistem Pendidikan nasional yang ilmiah, demokratis dan mengabdi pada rakyat dengan melawan smemua bentuk penjajahan kebudayan imperialisme dan feodalisme.

Demikian pernyataan sikap dari Pimpinan pusat Front Mahasiswa nasional (FMN) dalam peringatan Hari Pendidikan Nasional 2014, Selamat Hardiknas 2014 dan terus Gelorakan perjuangan Mewujudkan pendidikan yang Ilmiah, Demokratis dan Mengabdi kepada rakyat. Terima kasih.

02 Mei 2014
Hormat Saya,



Rachmad P Panjaitan
KETUA PP FMN
Share this article :

0 komentar:

 
Support : PP FMN | wisata jogja | SPOER
Copyright © 2011. Front Mahasiswa Nasional - All Rights Reserved
Thanks to: Mas Kolis
Proudly powered by Blogger