Headlines News :
Home » » Pernyataan Sikap PP FMN: Jenihin Pengidap Kanker, Diterlantarkan oleh Pemerintah & RS Darmais

Pernyataan Sikap PP FMN: Jenihin Pengidap Kanker, Diterlantarkan oleh Pemerintah & RS Darmais

Written By Pimpinan Pusat Fmn on Rabu, 18 Juni 2014 | 17.54




Jenihin (28 Tahun) mengalami penyakit kanker kronis yang harus segera mendapatkan pengobatan intensif dari medis. Namun sudah hampir 2 pekan di Jakarta, nasib pengobatan Jenihin dari RS Darmais belum juga memberikan kejelasan.

Jenihin bersama keluarga berangkat ke Jakarta untuk mendapatkan pengobatan yang lebih prima agar dapat menyembuhkan penyakitnya.  Jenihin, Petani miskin asal Kapuas Hulu, Pontianak Kalimantan Barat, sebelumnya telah ditolak di RS setempat. Dan berdasarkan rekomendasi dokter, agar Jenihin segera berobat  ke Jakarta. Dengan harapan yang besar untuk  sembuh, Jenihin harus berjuang keras mengumpulkan ongkos dan bahkan harus dengan kuat menahan rasa sakit di jalan menuju Jakarta. Jenihin dan keluarga bermodalkan kartu BPJS, yang kita juga tahu merupakan program  pemerintah yang disebut-sebut dapat menjamin kesehatan bagi pekerja dan orang miskin, Akan tetapi, kenyataan yang dihadapi Jenihin dan keluarga ketika menunjukkan “surat sakti BPJS”, pihak RS Darmais menolak Jenihin dengan berbagai alasan, mulai dari pengurusan administrasi yang ribet sampai dengan alasan ruangan penuh. Di tengah kondisi Jenihin yang semakin lemah akibat penyakit kanker yang menggerogoti, Jenihin dan keluarga beserta jaringan FPR melakukan advokasi untuk mendapatkan pelayanan dari RS Darmais. 

Akan tetapi sudah hampir 2 minggu ini belum ada kejelasan dari RS Darmais untuk segera melakukan pengobatan (operasi) terhadap Jenihin. Sehingga Jenihin dan keluarga berinisiatif  untuk sementara waktu melakukan rawat inap di RS Mediros sampai RS Darmais mau memberikan pelayanan bagi Jenihin. Namun sampai saat ini RS Mediros tempat Jenihin diwarat sementara, telah menyarankan agar Jenihin  segera pindah akibat ketidaksanggupan menagani penyakit Jenihin yang kankernya sudah mengerogoti tubuhnya.   

Maka berdasarkan Paparan itu, kami dari Pimpinan Pusat FMN menyatakan sikap;

1.      Mendesak RS Dharmais untuk bertanggungjawab atas memburuknya kesehatan dan penyakit Jenihin, dan segera memberikan pelayanan bagi Jenihin.
2.    Mendesak Pemerintah untuk mendesak RS Dharmais segera melakukan penanganan dan tindakan medis atas penyakit yang di derita oleh Jenihin.kesehatan dan penyakit Jenihin. 
3. Meninjau kembali BPJS karena BPJS terbukti gagal memberikan pelayanan kesehatan yang utuh terhadap rakyat.

Demikian pernyataan sikap dari Pimpinan Pusat FMN, kiranya agar Jenihin segera ditangani oleh RS Darmais dan pemerintah harus bertanggung jawa. Terima kasih.

19 Juni 2014
Hormat Kami,
PIMPINAN PUSAT
FRONT MAHASISWA NASIONAL

Rachmad P Panjaitan

Ketua
Share this article :

0 komentar:

 
Support : PP FMN | wisata jogja | SPOER
Copyright © 2011. Front Mahasiswa Nasional - All Rights Reserved
Thanks to: Mas Kolis
Proudly powered by Blogger