Headlines News :
Home » » FMN: Mengecam Pembunuhan atas Pekerja Media Charlie Hebdo. Hargai Perbedaan, Pererat Persatuan Rakyat

FMN: Mengecam Pembunuhan atas Pekerja Media Charlie Hebdo. Hargai Perbedaan, Pererat Persatuan Rakyat

Written By Pimpinan Pusat Fmn on Sabtu, 10 Januari 2015 | 02.33



Kami dari FRONT MAHASISWA NASIONAL sebagai organisasi massa mahasiswa di Indonesia, yang mempunyai pandangan atas  persatuan internasional anti penindasan imperialisme dan feodalisme, mengecam dan mengutuk keras atas pembunuhan terhadap 12 orang editor, kartunis, staf dan petugas keamanan Charlie Hebdo di Prancis (Rabu,07/01/2014). Kami menyampaikan turut belasungkawa pada keluarga dan kawan-kawan mereka. Para korban berhak menerima simpati dan sekaligus kecaman dari seluruh masyarakat dunia. Tidak ada seorang rakyat yang berhak untuk dibunuh.

Para pekerja media Charlie Hebdo berstatus sebagai jurnalis yang dikenal karena kebebasan berekspresinya sebagaimana hak setiap orang untuk bebas berekspresi menyampaikan sebuah pendapat dan berita di depan umum, setiap Negara harus menghargai dan melindungi kebebasan setiap masyarakatnya. Pembunuhan atau pembantaian ini tidak dapat dibenarkan dari segi keadilan,  karena para korban media Charlie Hebdo berkarya dengan pena dan kertas menyuarakan pendapatnya sekaligus bekerja untuk memenuhi hak hidup mendasarnya.

Namun kita tidak bisa juga melakukan pernyataan-yang begitu sektarian dan cenderung menghina suku, agama dan ras seperti yang dilakukan oleh Charlie Hebdo. Media ini memang kita ketahui bahwa publikasi-publikasi mereka ini menghasilkan kapital (uang) dari mengangkat tema religius yang ekstrimis dan prasangka-prasangka rasial, dan menghina seluruh komunitas Muslim dunia yang berjumlah sekitar 1,6 Miliar orang. Perlu untuk dicatat bahwa rasa simpati FMN adalah terletak pada aspek pembunuhannya/pembantaiannya. Kecaman atas pembunuhan ini berguna agar mencegah penyelewengan insiden pembunuhan ini yang bisa menyulut kebencian atau pun kemarahan rasial dan religius di tengah masyarakat dengan perbedaan warna kulit, sehingga dapat meningkatkan kadar represifitas dan fasisme, yang berujung pada diskursus mengamini terorisme” yang terus dikembangkan imperialisme AS dan secara khusus imperialisme Perancis berskala meluas.

Oleh karena itu, kami dari Pimpinan Pusat FRONT MAHASISWA NASIONAL (PP FMN) mengutuk dan mengecam tindakan pembunuhan terhadap pekerja Charlie Hebdo dan sekaligus mengajak seluruh rakyat dunia dan secara khusus rakyat Indonesia untuk menghargai perbedaan dan mempererat persatuan antar umat beragam, etnis, kelompok untuk bersama-sama memilih berjuang menghapuskan penghisapan dan penindasan di Indonesia.

10 januari 2014,
Hormat kami,

Rachmad P Panjaitan
Ketua PP FMN


Share this article :

0 komentar:

 
Support : PP FMN | wisata jogja | SPOER
Copyright © 2011. Front Mahasiswa Nasional - All Rights Reserved
Thanks to: Mas Kolis
Proudly powered by Blogger