Headlines News :
Home » » Sukseskan Rekrutmen Anggota

Sukseskan Rekrutmen Anggota

Written By Pimpinan Pusat Fmn on Kamis, 12 Maret 2015 | 21.34



Apa itu Organisasi Massa ?
            Organisasi massa adalah organisasi yang mengedepankan perjuangan kepentingan massa untuk memenuhi kebutuhan ekonomi, politik dan budaya. Organisasi massa menitikberatkan kekuatan utamannya pada massa rakyat yang merupakan penggerak keniscayaan perjuangan atas hukum perkembangan objektif masyarakat untuk meraih perubahan sejati dahulu, kini dan masa-masa yang akan datang.  Tidak akan ada yang dapat mengantikan peran dari massa rakyat untuk perubahan, karena “Perubahan adalah karya berjuta-juta massa”. Oleh karena itu, FMN sebagai organisasi massa mahasiswa dalam memperkuat perjuangan Demokrasi Nasional di kampus dan di tengah-tengah rakyat, harus mampu memasifkan seluruh pekerjaan untuk membangkitkan, mengorganisasikan dan menggerakkan massa.
            Salah-satu pekerjaan yang teramat penting dan untuk mempraxiskan perubahan di dalam kampus dan di Indonesia, maka pekerjaan rekruitmen anggota harus menjadi perhatian bagi seluruh pimpinan dan anggota. Semakin besar anggota FMN maka semakin populis dan dicintainya perjuangan massa Demokrasi Nasional di kampus dan di tengah rakyat. Dan perlu diingat, Kuantitas akan mempengaruhi kualitas perjuangan FMN.

Apa itu Pekerjaan Rekrutmen Anggota?
           Rekrutmen anggota merupakan pekerjaan yang mendasar dan penting bagi FMN sebagai organisasi massa Demokratis Nasional. Untuk melakukan setiap perjuangan massa, FMN akan selalu bersandarkan pada kekuatan massa sebagai agen utama roda penggerak sejarah perubahan di dalam kampus maupun di tengah massa. Melalui serangkaian pekerjaan harian propaganda hingga kampanye massa, semua ditujukan untuk membangkitkan kesadaran massa untuk bangkit berjuang bersama organisasi. Setelah massa mahasiswa memahami akan arti penting perjuangan untuk menyelesaikan persoalannya dan rakyat, maka tahapan berikutnya adalah bagaimana FMN mampu mengorganisasikannya yang kita sebut merekrutnya menjadi anggota. Karena dengan menjadi anggota FMN, mereka akan terpimpin dalam garis politik yang tepat yakni Demokrasi Nasional. Selain itu, padangan maju massa mahasiswa selama ini yang masih terpencar-pencar akan menjadi sistematis sebagai hasil didikan organisasi kepada anggota FMN dalam teori dan praktek yang maju.
Dapat dikatakan bahwa rekrutmen adalah bagian yang tidak terpisahkan dari pekerjaan-pekerjaan harian FMN yang lainnya, sehingga rekrutmen menjadi perhatian khusus sebagai parameter keberhasilan FMN dalam membangkitkan kesadaraan massa mahasiswa untuk direkrut menjadi anggota yang secara sadar dan sukarela terlibat aktif berjuang bersama FMN.  “Tiada Hari Tanpa Rekrutmen, Kawan”. Maka, Pimpinan harus mampu melibatkan seluruh anggota agar menjadi tenaga-tenaga yang handal untuk dapat melakukan pekerjaan rekrutmen anggota pula.
            Rekrutmen anggota adalah pekerjaan organisasi yang sistematis, terukur dan mempunyai targetan. Maksudnya adalah bahwa rekrutmen anggota akan terintegrasi dalam program kerja  sehingga harus memuat target, sasaran, metode, batas waktu program, kebutuhan, dan penanggung jawab. Semua itu akan terus-menerus dinilai secara harian, mingguan, dan bulanan, sehingga menghasilkan perasan-perasan praktik kerja yang maju dalam meningkatkan rekrutmen anggota.


Arti Penting Rekrutmen Anggota
            Tugas mulia FMN untuk membangkitkan, mengorganisasikan, dan menggerakan massa mahasiswa untuk memperjuangkan seluruh hak-haknya merupakan tugas yang harus diemban. Selain perjuangan di dalam kampus, FMN juga harus bertalian erat dan terlibat aktif dalam perjuangan rakyat khususnya aliansi dasar klas buruh dan kaum tani. Dalam hal ini, FMN menjadi Sekolah yang  mencetak aktivis-aktivis Demokrasi Nasional. Perjuangan besar nan mulia inilah yang harus disadari oleh seluruh unsur baik pimpinan maupun anggota FMN, untuk ambil bagian aktif dalam kerja-kerja harian rekrutmen anggota.
            Seluruh kegiatan yang dijalankan FMN haruslah mempunyai orientasi untuk mengorganisasikan massa mahasiswa ke dalam FMN. Hal ini penting, karena semakin besar kegiatan yang dapat diorganisasikan  FMN, maka semakin besar rekrutmen anggota yang dapat FMN raih.  Sehingga perjuangan massa FMN untuk memenangkan tuntutan mahasiswa dan rakyat akan semakin dekat dengan perubahan sejati di tengah-tengah massa.
               Beberapa pandangan yang tidak tepat dalam memperbesar organisasi dan hal yang perlu diperhatikan:
1.      Menganggap kuantitas/jumlah anggota tidak lebih penting dari kualitas
          Pandangan ini adalah cara pandang yang salah. Kuantitas menjadi ukuran dari kualitas. Kuantitas adalah yang akan mengantarkan kita pada kualitas yang lebih baik. Sebagai organisasi massa, sudah menjadi kewajiban FMN untuk mampu mengorganisasikan sebanyak-banyaknya massa menjadi anggota FMN. Ketika barisan FMN dalam suatu kampus hanya 8 orang misalnya, maka itu adalah ukuran dari pekerjaan dan kualitasnya, hanya mampu mengorganisasikan 8 orang mahasiswa. Begitu juga misalkan dalam suatu kampus FMN mampu mengorganisasikan 2000 anggota. Maka 2000 anggota itu pula adalah cerminan dari kualitas FMN yang diterima dan dicintai di tengah massa mahasiswa. Dengan demikian pula semakin mendekatkan perubahan dalam kehidupan mahasiswa dan rakyat Indonesia. Jadi, perbaiki pandangan yang menyatakan kuantitas tidaklah penting. Karena semakin besar yang mampu kita organisasikan, maka semakin meningkat pula kualitas FMN dalam melakukan perjuangan massa.

2.     Massa mahasiswa dapat dibangkitkan dan digerakkan sebesar-besarnya, namun belum mampu merekrut menjadi anggota.
             Ini menjadi perhatian yang teramat penting yang harus dapat diperbaiki oleh seluruh pimpinan FMN. Dalam beberapa kegiatan yang dijalankan FMN baik kampanye massa, diskusi publik, panggung budaya, mengajar ke desa, teryata mampu melibatkan massa mahasiswa yang sebesar-besarnya. Akan tetapi, massa mahasiswa yang kita ajak belum mampu untuk diorganisasikan ke dalam FMN. Tentu ini menjadi persoalan yang harus segera dipecahkan.  Memadukan usaha membangkitkan dan menggerakkan massa harus tetap terhubung dengan pekerjaan mengorganisasikan massa mahasiswa menjadi anggota. Sama halnya ketika propaganda FMN di tengah-tengah massa mahasiswa diterima tanpa adanya menentang baik dalam bentuk garis maupun konten yang kita sampaikan  secara tertulis maupun lisan. Maka, propaganda yang telah diterima dari FMN harus dapat ditingkatkan untuk memajukan kesadaraan massa mahasiswa hingga bersedia bergabung bersama FMN. Nah, disinilah upaya-upaya yang harus sitematis, terukur dan mempunyai targetan untuk dalam menghubungkan pekerjaan membangkitkan kesadaraan massa, menggerakkan hingga FMN mampu menarik seluas-luasnya massa mahasiswa agar bersedia dengan senang hati bergabung bersama FMN.

GERAKAN 10.000 REKRUTMEN ANGGOTA  TAHUN 2015:
Bangkit dan Organisasikan Seluruh Massa Mahasiswa, Menuju Ormass FMN yang besar, kuat dan populis !
               Kehidupan kampus yang terus tertancap oleh hegemoni imperialisme AS dan feodalisme melalui kurikulum, kebijakan lainnya membuat kebudayaan mahasiswa semakin terbelakang. Mahasiswa terus dikepung dengan teori-teori usang yang bertujuan untuk merawat pikiran-pikiran yang berpihak pada kepentingan imperialisme AS dan feodalisme.  Selain itu, Ilusi masa depan selalu disebarkan di dunia pendidikan yang sejatinya dimana kita tidak mempunyai jaminan masa depan yang baik selain kita mengambil jalan berjuang untuk mewujudkannya. Karena pemerintah tidak akan menyediakan lapangan pekerjaan yang layak bagi lulusan dari universitas-universitas. Belum lagi, transformasi kebudayaan yang menjadikan mayoritas mahasiswa terbelenggu oleh budaya  individualis, liberal, apatis, konsumeris, dan dekaden.
               Pemerintah  sadar betul akan penting dan besarnya kekuatan massa mahasiswa dalam perjuangan, sehingga pemerintah boneka pimpinan Jokowi-JK terus mengelurkan kebijakan dan mempertahankan yang sudah ada untuk membendung segala perjuangan yang sedang dibangun oleh mahasiswa. Berbagai peraturan seperti pemisahan antara organisasi intra kampus dan ekstra kampus, tata tertib mahasiswa, pelarangan berorganisasi, dan memperpendek masa kuliah dari 7 tahun menjadi 5 tahun bagi jenjang sarjana, adalah serangkaian upaya anti demokrasi dari rejim untuk mengkebiri cara berpikir dan ruang gerak mahasiswa untuk mengembangkan IPTEK yang berguna bagi rakyat. kampus-kampus dibuat menjadi menara gading  yang menjulang tinggi, sehingga kampus-kampus jauh dari kenyataan akan kehidupan masyarakat Indonesia.
               Dengan kenyataan/fenomena seperti tersebut, maka FMN harus dapat meningkatkan kerja-kerja massanya lagi di tahun 2015 untuk membangkitkan, mengorganisasikan, dan menggerakkan massa mahasiswa dalam perjuangan merebut hak-hak demokratisnya. Mewujudkan cita-cita perjuangan atas dunia pendidikan yang ilmiah, demokratis dan mengabdi kepada rakyat, akan lahir dari karya berjuta-juta massa yang terorganisir dan terdidik melalui ormass mahasiswa yang mempunyai kualitas dan kuantitas dalam perjuangan Demokrasi Nasional.           
Oleh karena itu, FMN tidak boleh luput dalam mengorganisasikan massa mahasiswa yang sebesar-besarnya. Pada tahun 2015 ini,  semangat bersama untuk memperbesar dan memperluas organisasi harus dipegang erat-erat. Oleh karena itu, kita harus mampu bersama-sama menyukseskan REKRUTMEN ANGGOTA  10.000.
Jumlah 10.000 adalah jumlah yang teramat sangat kecil dibanding jumlah mahasiswa dari total 5 juta mahasiswa Se-Indonesia. Artinya FMN menargetkan hanya 0,2 % dari total mahasiswa. Keyakinan dan pandangan kita bahwa perubahan hanya mampu dicapai dengan perjuangan berjuta-juta massa, menjadi dasar yang kuat yang harus terpatri dalam menyukseskan 10.000 REKRUTMEN ANGGOTA 2015.  Selain itu, semakin besar mahasiswa yang diorganisasikan maka semakin besar usaha FMN memberikan kesadaraan yang maju kepada mahasiswa atas keadaan objektif mahasiswa dan rakyat Indonesia yang masih dihisap dan ditindas imperialisme AS, feodalisme dan kapitalis birokrat.
             Dengan demikian FMN harus percaya akan kekuatan dirinya dalam mengorganisasikan massa mahasiswa. FMN harus mampu menggerakan seluruh pimpinan dan anggotanya dalam setiap rangkaian pekerjaan yang memadukan dengan pekerjaan rekrutmen anggota sebesar-besarnya. FMN harus percaya dan yakin untuk terus berjuang dalam memperbesar organisasi kita. Jadikan tahun 2015 ini sebagai tahun untuk meramaikan gelora perjuangan massa di kampus dan di tengah rakyat Indonesia dengan MENYUKSESKAN 10.000 REKRUTMEN ANGGOTA 2015. Jayalah Perjuangan FMN !


Penulis: Nuradam (Ka. Dept Organisasi)
Share this article :

0 komentar:

 
Support : PP FMN | wisata jogja | SPOER
Copyright © 2011. Front Mahasiswa Nasional - All Rights Reserved
Thanks to: Mas Kolis
Proudly powered by Blogger