Headlines News :
Home » » KERJASAMA PENDIDIKAN TINGGI DENGAN INDONESIA

KERJASAMA PENDIDIKAN TINGGI DENGAN INDONESIA

Written By Pimpinan Pusat Fmn on Sabtu, 11 April 2015 | 04.34



Kerjasama yang erat dalam pendidikan adalah elemen yang fundamental bagi Kerjasama Komprehensif kami dengan Indonesia. Presiden Obama dan Presiden Yudhoyono telah mengumumkan Kerjasama Pendidikan Tinggi  yang mana Amerika Serikat akan berkomitmen untuk membantu membangun kapasitas Indonesia untuk menyediakan pendidikan-pendidikan universitas kelas-dunia dan untuk membantu merealisasikan aspirasi kami dalam kurun waktu lima tahun ini untuk menggandakan jumlah pelajar Amerika dan Indonesia yang menuntut ilmu di negara  lainnya sebaliknya. Amerika Serikat akan memberikan lebih dari 165 juta US$ dalam lima tahun mendatang untuk menyuport Kerjasama Pendidikan Tinggi kami.

Elemen kunci bagi pendekatan strategis kami yaitu usaha bersama untuk memfasilitasi kerjasama berkelanjutan antara institusi, yayasan, korporasi, universitas, maupun individu-individu antara A.S. dan Indonesia. Menyadari bahwa sains dan teknologi adalah mesin untuk pertumbuhan masa depan dan kemakmuran, kami akan memberikan perhatian khusus untuk memprogramkan kooperasi bilateral dalam wilayah ini.

Sebagai bagian dari Kerjasama Komprehensif dengan Indonesia, kedua negara telah menyepakati pembentukan Grup Kerja Pendidikan yang akan memberikan laporan kepada Komisi Gabungan yang diketuai oleh Sekretaris Negara dan Menteri Luar Negeri. Grup Kerja akan mengkonsul pihak-pihak yang tertarik di kedua negara untuk mempromosikan pertukaran pendidikan dan kolaborasi diantara universitas, rekan-rekan sektor swasta, yayasan-yayasan dan intitusi lainnya. Untuk membantu usaha bersama kami dalam mencapai tujuan dalam pendidikan tinggi, Presiden mengumumkan:

The Fullbright Indonesia Research, Science and Technology program (FIRST) - Program Riset Sains dan Teknologi Fullbright Indonesia, inisiatif 15 juta US$-lima tahunan, untuk menyediakan beasiswa bagi warga Indonesia untuk belajar dan mengadakan riset di A.S. dengan prioritas di wilayah sains dan teknologi dan bagi warga Amerika untuk belajar, mengajar dan mengadakan riset di Indonesia pada wilayah yang sama. Ini akan memperluas program Fullbright kami di Indonesia hingga 8,5 juta US$ per tahun, menjadikannya salahsatu program Fullbright terbesar di dunia.

The Community College Initiative – *Inisiatif komunitas kampus. Menyediakan 2,5 juta US$ per tahun untuk beasiswa bagi sekitar 50 pelajar Indonesia untuk belajar di Amerika Serikat dalam program sertifikat satu tahun dan untuk memberikan pengembangan profesional bagi sekitar 15 administrator pendidikan dan fakultas di komunitas kampus A.S.

Untuk mendorong pelajar Indonesia untuk belajar di A.S. dan bagi pelajar Amerika untuk belajar di Indonesia, the State Department’s Bureau of Education and Cultural Affairs (ECA) – Biro Departemen Negara untuk Urusan Pendidikan dan Budaya telah meningkatkan pendanaan hingga 4,5 juta US$ per tahunnya untuk Tahun Fiskal 10 hingga 14 bagi pelatihan bahasa Inggris, layanan pertimbangan pelajar, dan pertukaran lainnya dan untuk mengirimkan pelajar-pelajar universitas Amerika, dimulai dengan 17 pada musim panas ini, untuk mempelajari bahasa Indonesia sembari mencoba Lembaga Bahasa Intensif perdana Indonesia.

USAID mengucurkan 88 juta US$ inisiatif pendidikan tinggi untuk lima tahun bagi pengembangan kualitas pendidikan tinggi di Indonesia, termasuk juga mencakup:

o Program Kerjasama Universitas untuk mensupport kolaborasi antara institusi-institusi pendidikan tinggi A.S. dan Indonesia. Program lima tahun memungkinkan institusi-institusi terpilih untuk berkolaborasi memajukan kualitas pengajaran, riset, atau layanan komunitas dan berkontribusi dalam mengembangkan kapasitas dari institusi-institusi Indonesia. USINDO merencanakan 25 kerjasama yang mana 2 diantaranya diberikan (yang pertama dengan UCLA untuk memperkuat riset atas biodiversitas kelautan di Universitas Udayana Bali dan yang kedua antara Universitas Columbia dan Universitas Indonesia untuk membangun pusat perlindungan anak.

o Program Kepemimpinan, Manajemen, dan Kebijakan Pendidikan Tinggi untuk membantu Menteri Pendidikan Indonesia memperkenalkan sistem kepastian kualitas pada struktur organisasional dari sistem pendidikan tinggi, meningkatkan kualitas keseluruhan, memperkenalkan keberlangsungan fiskal, dan meninggikan efisiensi penggunaan sumberdaya dalam sistem.

Sekretaris Pendidikan A.S. akan menjadi tuan rumah bagi rekanannya, Indonesia di Amerika Serikat untuk Konferensi Pendidikan Tinggi A.S.-Indonesia pada musim panas 2011 untuk memajukan kerjasama kami dalam pendidikan.

Pemerintah A.S. akan berkerja dengan pemerintah Indonesia dan yayasan-yayasan untuk meningkatkan aksesibilitas bagi pelajar Indonesia dari pendidikan universitas dengan mencari jalan baru bagi mereka agar dapat membiayai studinya. Sebagai bagian dari kerjasama komprehensif pendidikan tinggi swasta publik yang dapat termasuk pendekatan pembiayaan pendidikan, USAID dapat mensupport pinjaman pelajar pendidikan tinggi melalui Development Credit Authority (DCA) – Otoritas Kredit Pengembangan.

Judul Asli : Fact Sheet HIGHER EDUCATION PARTNERSHIP WITH INDONESIA)
Penerjemah : Anggrada Paramita (Staff HI PP FMN
Share this article :

0 komentar:

 
Support : PP FMN | wisata jogja | SPOER
Copyright © 2011. Front Mahasiswa Nasional - All Rights Reserved
Thanks to: Mas Kolis
Proudly powered by Blogger