Headlines News :
Home » » Yogya Tidak Lagi Ramah: Mahasiswa Papua Bersiap Tinggalkan Yogya

Yogya Tidak Lagi Ramah: Mahasiswa Papua Bersiap Tinggalkan Yogya

Written By Pimpinan Pusat Fmn on Sabtu, 23 Juli 2016 | 08.03

Belum habis permasalahan yang dihadapi oleh mahasiswa asal Papua yang berkuliah di Yogyakarta. Tanggal 15-16 Juli 2016 lalu di depan Asrama Kamasan 1 Jl. Kusumanegara, mereka menggelar unjuk rasa damai dalam menyuarkan permasalahan dan nasib rakyat Papua. Unjuk rasa tersebut direspon dengan pembubaran yang dilakukan oleh pihak kepolisian dan beberapa Ormas. Lebih jauh lagi, pembubaran itu diikuti dengan kekerasan fisik seperti pemukulan, kekerasan verbal (rasial), hingga penangkapan 8 orang mahasiswa.
Imbasnya mahasiswa Papua yang berada di Yogya menyatakan akan meninggalkan Yogya dan kembali ke Papua. Agenda ini dimulai pada 22 Juli 2016 mahasiswa Papua melakukan koordinasi dan pendataan kepada seluruh mahasiswa asal Papua. Tujuannya adalah untuk mempersiapkan meninggalkan Yogya. Menurut Roy salah satu mahasiswa asal Papua bahwa mereka sudah pula menyiapkan surat kepindahan kuliahnya.

Selain dipicu oleh kekerasan yang kerap diterima, sikap untuk meninggalkan Yogja juga dipicu oleh pernyataan Gubernur Yogya. Sri Sultan Hamengkubuwono X mengucapkan “tidak boleh ada separatis di Yogyakarta”.

Insiden ini tentu menjadi noda hitam dalam ruang demokrasi di Indonesia. Kebebasan untuk mengemukakan pendapat dan tuntutan semakin dibatasi oleh negara melalui aparat juga dengan memobilisasi kelompok-kelompok anti-demokrasi. Menanggapi tindakan represifitas tersebut, Fandi Pimpinan Front Mahasiswa Nasional (FMN) Cabang Yogyakarta  mengungkapkan “bagi FMN Yogya, tindakan kekerasan baik fisik maupn verbal serta berbagai tindakan represifitas negara terhadap mahasiswa dan rakyat Papua adalah bentuk dari fasisnya pemerintah saat ini”.  (Aga)
Share this article :

0 komentar:

 
Support : PP FMN | wisata jogja | SPOER
Copyright © 2011. Front Mahasiswa Nasional - All Rights Reserved
Thanks to: Mas Kolis
Proudly powered by Blogger