Headlines News :
Home » » Front Mahasiswa Nasional Mendukung perjuangan buruh PT. SMS Hentikan kriminalisasi terhadap Buruh PT. SMS serta rakyat dan segera Bebaskan buruh yang ditangkap. Penuhi seluruh tuntutan Buruh PT. SMS

Front Mahasiswa Nasional Mendukung perjuangan buruh PT. SMS Hentikan kriminalisasi terhadap Buruh PT. SMS serta rakyat dan segera Bebaskan buruh yang ditangkap. Penuhi seluruh tuntutan Buruh PT. SMS

Written By Pimpinan Pusat Fmn on Kamis, 03 November 2016 | 01.42

foto pengalangan dukungan  oleh FMN Ranting Unram
di Universitas Mataram 
Jakarta 3 november 2016. Kriminalisasi terhadap rakyat yang memperjuangkan HAK dan perbaikan hidup kembali terjadi, Kali ini 4 orang buruh PT. Sukses Mantap Sejahtera (PT. SMS) yakni Syarifudin, Muliadin, Safrudin dan Firmansyah di tangkap pihak kepolisian Resort Dompu pada 1 November 2016.

Penangkapan 4 orang buruh PT. SMS terjadi setelah mereka bersama dengan buruh lainya kurang lebih 153 orang melakukan aksi pada tanggal 31 Oktober 2016 untuk menuntut adanya kepastian dan kejelasan status kerja, kenaikan upah sesuai dengan ketentuan pemerintah, diberikanya jaminan kesehatan, diberikanya tunjangan makan, transportasi dan tempat tinggal.

Pada tanggal 1 November Syarifudin (kordinator aksi) dijemput oleh kepolisian di rumahnya di desa doropeti kecamatan Pekat kabupaten Dompu dan langsung di bawa menuju Polsek kecamatan Pekat untuk dimintai keterangan terkait rusaknya mesin boiler milik perusahaan yang mengakibatkan terhentinya proses produksi. selanjutnya sekitar pukul 09.00 WITA tiga orang kawan lain yaitu Muliadin, Safrudin dan Firmansyah mendatangi polsek Pekat untuk menjenguk  Syarifudin akan tetapi langsung di tahan.

Pada pukul 10.00 WITA, 4 orang tersebut di bawa ke Polres Dompu untuk dimintai keterangan lebih lanjut. Mereka di BAP tanpa didampingi oleh pengacara dan pihak kepolisian kemudian menetapkan Sdr. Syarifudin sebagai tersangka dan langsung ditahan, sedangkan 3 orang lainya dilepaskan.

Rahmat P Panjaitan selaku Ketua Umum Front Mahasiswa Nasional mengecam keras dan mengutuk tidakan fasis Jokowi-JK melalui aparat kepolisian Dompu yang telah menetapkan sdr Syarifudin sebagai terangka. padahal demotrasi yang dilakukan sdr syarufudin bersama 153 buruh untuk menuntut haknya telah dijamin  oleh Undang Undang dasar 45 pasal 28 yang berbunyi "setiap orang berhak atas kebebasan berserikat, berkumpul dan mengeluarkan pendapat. 

dengan demikian, kami dari Front Mahasiswa Nasional menuntut Polres Dompu untuk segera membebaskan Syarifudin tanpa syarat serta menghentikan seluruh poses hukum, kami juga menuntut kepada PT. SMS untuk segera memenuhi seluruh tuntutan buruh.

secara khusus kami mendesak kepada Bupati Dompu bertanggung jawab atas penangkapan terhadap 4 orang buruh PT. SMS karena  Ini adalah tindakan  kriminalisasi terhadap buruh, agar buruh tidak menuntut Haknya, Bupati juga harus memastikan seluruh Hak buruh yang bekerja di PT. SMS dapat dipenuhi.

Front Mahasiswa  Nasional penuh perjuangan buruh PT SMS yang menuntut Haknya. Kami juga menyerukan kepada seluruh rakyat dan mahasiswa untuk memberikan dukungan dan solidaritas kepada buruh PT. SMS serta menyerukan untuk terus meperkuat perasatuan dan solidaritas antar rakyat untuk melakukan perjuangan perbaikan hidup dan demokrasi di Indonesia


jakarta, 3 november 2016

hormat kami 



Rahmat P Panjaitan 
Ketua umum FMN
Share this article :

0 komentar:

 
Support : PP FMN | wisata jogja | SPOER
Copyright © 2011. Front Mahasiswa Nasional - All Rights Reserved
Thanks to: Mas Kolis
Proudly powered by Blogger