Headlines News :
Home » , , , , » Bersama Indonesia Bangki (IB), FMN Terus Melakukan Aksi Kemanusiaan Tanggap Bencana Gempa Bumi Lombok

Bersama Indonesia Bangki (IB), FMN Terus Melakukan Aksi Kemanusiaan Tanggap Bencana Gempa Bumi Lombok

Written By Pimpinan Pusat Fmn on Kamis, 09 Agustus 2018 | 19.27




Bencana Gempa Bumi yang melanda Lombok, NTB sejak tanggal 29 Juli hingga saat ini terus memberikan duka mendalam bagi Indonesia. Pada tanggal 5 Agustus, Gempa dengan kekuatan lebih besar (7 Skala Ricther)  semakin memperburuk kondisi warga. 

Duka rakyat Lombok semakin dalam dengan meninggalnya 347 orang (Hingga 8 Agustus). Lebih dari 1.447 orang mengalami luka  berat, diantaranya anak-anak beserta lansia. Sementara bangunan rumah warga yang rusak mencapai 42.239 unit, 458 unit sekolah rusak berat. Hingga saat ini, sebanyak 156.003 orang mengungsi di berbagai tenda darurat, bukit, sawah, dengan kondisi yang serba kekurangan kebutuhan dasarnya. 
Beberapa jalan menuju perkampungan warga terputus diantaranya jalan menuju Sembalun, Jalan di kecamatan Tanjung, lombok utara bahkan di kecamatan kayangan lumpuh total akibat jalan terputus. Kondisi korban gempa masih sangat memprihatinkan, warga banyak yang terluka dan mengungsi di tempat terbuka dengan keadaan sangat ketakutan. Penangan korban luka maupun meninggal masih terbatas karena banyaknya korban yang jatuh. Listrik sebagian masih dalam keadaan padam.
Kondisi ini mengundang solidaritas dari berbagai tempat. Salah satunya yang dilakukan oleh Front Mahasiswa Nasional (FMN) yang tergabung dalam Indonesia Bangkit Humanitarian Center (IB). Di Wilayah NTB, FMN secara langsung terlibat dalam aktifitas tanggap bencana di berbagai lokasi gempa. FMN Cabang Mataram dan Lombok Timur membuat posko Indonesia Bangkit di Kota Mataram dan mengirimkan relawan untuk membantu korban dan menyalurkan bantuan yang ada. 



(Penggalangan Dana di Makassar)
Di Kota Makassar, FMN bersama dengan berbagai organisasi mahasiswa dan sektor rakyat lainnya melakukan aksi kemanusiaan berupa penggalangan dana dan bantuan untuk korban gempa. Aktifitasnya dilakukan daerah Universitas Negeri Makassar dan sekitarnya. Begitu juga yang dilakukan oleh FMN Cabang Medan yang melakukan penggalangan di seputaran kampus Universitas Sumatera Utara. 

Sementara itu, di Kalimantan Tengah FMN Cabang Palangkaraya sudah sejak tanggal 6 Agustus 2018 menggelar aksi kemanusiaan bersama puluhan organisasi lainnya. Pagelaran budaya jalanan juga dilakukan oleh FMN Cabang Palu untuk menggalang bantuan solidaritas. Hal serupa juga dilakukan FMN di berbagai caba seperti di Yogyakarta, Jakarta, Poso, Surabaya, Bali, Jambi, Pekanbaru, Pontianak, Lampung, Palembang, Bandung, Purwokerto, dan Kupang.


(Doc: FMN Palu)
Menurut Ketua Umum FMN "Aktifitas ini dilakukan sebagai bentuk nyata bagi FMN dalam pekerjaan pelayanan rakyat. Kami menyerukan kepada seluruh cabang untuk melakukan aksi kemanusiaan dalam berbagai bentuk seperti pembukaan posko, penggalangan bantuan, pagelaran budaya dan lainnya. Kami secara organisasional juga tergabung dengan Indonesia Bangkit dalam pelayanan rakyat ini" ujar Dimas.


Aktifitas aksi kemanusiaan ini akan terus dilanjutkan sesuai dengan perkembangan di lokasi bencana. Selain menggalang berupa bantuan dana dan barang yang dibutuhkan, FMN juga akan segera mengkoordinasikan pengiriman relawan kemanusiaan. Hal ini berhubungan erat dengan kebutuhan mendesak tenaga relawan di lokasi seperti, tenaga kesehatan, trauma center, pembangunan tenda, penyalur bantuan, dan lainnya. FMN mengajak kepada seluruh mahasiswa dan organisasi mahasiswa untuk bersama-sama terlibat dalam aksi kemanusiaan membantu warga di Lombok yang saat ini terkena bencana. 
Share this article :

0 komentar:

 
Support : PP FMN | wisata jogja | SPOER
Copyright © 2011. Front Mahasiswa Nasional - All Rights Reserved
Thanks to: Mas Kolis
Proudly powered by Blogger