Headlines News :
Home » , , , » FMN Ranting Univ Negeri Makassar Sambut Mahasiswa Baru 2018 Dengan Kampanye Anti Komersialisasi Pendidikan

FMN Ranting Univ Negeri Makassar Sambut Mahasiswa Baru 2018 Dengan Kampanye Anti Komersialisasi Pendidikan

Written By Pimpinan Pusat Fmn on Kamis, 16 Agustus 2018 | 19.51




Kamis, 16 Agustus 2018. FMN Ranting UNM bersama Pemuda Baru Indonesia (PEMBARU Indonesia) dan FMK, serta massa mahasiswa lainnya melakukan aksi kampanye di gerbang utama kampus UNM Gunungsari pada pukul 13.00 wita. Kampanye tersebut ditujukan kepada mahasiswa baru tahun 2018 untuk memahami tentang berbagai permasalahan komersialisasi pendidikan di kampus dan secara umum di Indonesia.

Bentangan spanduk berukuran 2 x 2 meter yang bertuliskan "SELAMAT DATANG MAHASISWA BARU ANGKATAN 2018 DI UNIVERSITAS NEGERI MAHAL, JANGAN LIHAT PHINISINYA TAPI LIHAT KONDISINYA" ikut menghiasi barisan aksi. Selain itu, kampanye juga diisi dengan pembagian selebaran propaganda, pembacaan puisi dan menyanyikan lagu perjuangan serta orasi politik.

Dalam orasinya, Koordinator Lapangan (Korlap) menyampaikan "Tujuan kami melakukan hal ini, ialah untuk memberikan gambaran kepada kawan-kawan mahasiswa baru tentang kondiis UNM saat ini. Bahwa ternyata dibalik gedung megah Phinisi yang merupakan icon UNM, terdapat banyak sekali masalah. Mulai dari biaya kuliah yang mahal, fasilitas yang tidak memadai, banyaknya pungutan liar, hingga pembungkaman demokrasi yang dilakukan oleh kampus dengan memberikan sanksi skorsing kepada mahasiswanya." Ujar Al Iqbal.

Dalam kampanye ini turut pula terlibat Presiden Mahasiswa BEM UNM Dwi Rezky Harianto. Dalam orasinya, ia menggambarkan bagaimana kampus terus berupaya mematikan peran Lembaga Kemahasiswaan. "Lembaga kemahasiswaan yang merupakan wadah aspirasi mahasiswa kini terus dikekang dan berupaya untuk dibungkam. Segala skema telah mereka ciptakan untuk mematikan gerakan mahasiswa yang belakangan ini terus membesar. Mulai dari pembekuan lembaga hingga memberikan sanksi skors bahkan DO pun dilakukan oleh kampus."

Sementara itu, bagi FMN kegiatan perkenalan kehidupan kampus seperti yang ada di UNM dalam bentuk Perkenalan Kehidupan Kampus Pada Mahasiswa Baru (PKKMB) haruslah objektif dan berorientasi untuk meningkatkan kesadaran kritis mahasiswa baru. Namun, aktifitas semacam itu lebih sering digunakan oleh birokrasi kampus untuk mempromosikan ilusi dan kebohongan atas kondisi kampus. Hal tersebut disampaikan oleh Ketua FMN Ranting UNM "Dari catatan selama ini, aktifitas perkenalan kampus untuk mahasiswa baru hanya mempromosikan secara normatif bahwa mahasiswa harus baik dalam hal akademik dan moralnya. Stigma buruk kepada mahasiswa yang kritis dan aktif dalam perjuangan pun menjadi bagian dari kebohongan dan arogansi birokrasi kampus. Mahasiswa hanya diminta untuk tunduk dan patuh. Hal ini tidak bisa dibiarkan, mahasiswa justru harus bangkit dan berjuang, bahkan dengan tegas harus siap menyatakan jika pimpinan kampus mereka salah, melakukan penyimpangan, bahkan jika harus dihukum sekalipun. Kondisi itulah yang mendorong kami melakukan kampanye ini." ujar Syarizal.

Kampanye ditutup pada pukul 16.00 Wita dengan pembacaan sikap dan tuntutan.
Share this article :

0 komentar:

 
Support : PP FMN | wisata jogja | SPOER
Copyright © 2011. Front Mahasiswa Nasional - All Rights Reserved
Thanks to: Mas Kolis
Proudly powered by Blogger