Headlines News :
Home » , , , » Pesan Solidaritas KABAR BUMI untuk Front Mahasiswa Nasionbal (FMN) Pada Ulang Tahun ke 16

Pesan Solidaritas KABAR BUMI untuk Front Mahasiswa Nasionbal (FMN) Pada Ulang Tahun ke 16

Written By PP FMN on Minggu, 19 Mei 2019 | 06.11



Kami segenap Keluarga Besar Buruh Migran Indonesia (KABAR BUMI) mengucapkan selamat ulang tahun yang ke 16 kepada Front Mahasiswa Nasional (FMN). Salut dan Bangga kepada pemuda mahasiswa yang terus berjuang dan membaur dengan berbagai sector untuk perbaikan kondisi rakyat yang semakin tertindas.

Kami juga mengucapkan terimakasih yang mendalam bagi FMN yang selama ini terus setia memberikan pelayanan terhadap buruh migrant dan keluarga. Dari sejak lahirnya ATKI Indonesia (cikal bakal KABAR BUMI), FMN telah ikut serta mendampingi buruh migrant dan keluarganya yang bermasalah. Kami terus berharap kerja sama seperti ini akan terus kita lanjutkan dan kita tingkatkan –untuk turut serta berasama-sama membangun organisasi KABAR BUMI di daerah, kususnya di daerah asal terbesar buruh migran.

Kita menghadapi permasalahan yang sama, perampasan tanah yang massif akibat sistem SJSF, tingginya biaya pendidikan menjadikan jutaan pemuda dan pemudi tak sekolah. Sebagian menjadi buruh migran, seperti kami yang terpaksa pergi keluar negeri meninggalkan keluarga tercinta di Indonesia demi mendapatkan perkerjaan dan menafkahi keluarga di rumah. Sebagian gaji kami juga kami gunakan untuk biaya sekolah anak dan keluarga kami. Imbas mahalnya pendidikan sehingga kami tak bisa sekolah, sampai saat ini justru semakin kami rasakan sehingga, yang seharusnya menjadi tanggung jawab Negara sesuai amanat UUD 45 dimana pendidikan menjadi tanggung jawab Negara tidak pernah kami rasakan justru harus kami tanggung sendiri sampai saat ini.

Imbas dari krisis ekonomi akibat dominasi imperialisme mengakibatkan kami harus terus mengalami kesusahan ekonomi. Terlebih di bulan ini kami harus menghadapi hari raya dan tahun ajaran baru secara bersamaan, di mana setiap memasuki tahun ajaran baru kami keluarga buruh migrant dan juga rakyat lain pada umumnya harus merasakan tingginya biaya masuk sekolah ataupun biaya kenaikan kelas, mulai membayar buku, alat peraga, hingga uang gedung. Pendidikan gratis, ilmiah dan demokratis masihlah sangat jauh dari harapan rakyat Indonesia.

Bukan hanya rakyat yang berpendidikan rendah, saat ini mahasiswa juga menjadi target dari pengiriman buruh migrant murah atas nama “magang” (Program pengiriman buruh yang skill). Baru beberapa waktu yang lalu secara beruntun puluhan korban “mahasiswa magang”  yang dipekerjakan di Taiwan tidak mendapatkan gaji. Di Universitas Jenderal Sudirman Purwokerto puluhan mahasiswa tertipu hingga puluhan juta dengan dalih biaya magang di luar negeri, namun mereka tidak pernah diberangkatkan. Belum lagi mahasiswa saat ini dengan dalih KKN (Kuliah Kerja Nyata) dijadikan sebagai promotor “migrasi aman” di mana hakekatnya mendorong calon buruh migran yang akan keluar negeri menggunakan PJTKI/P3MI (sistim outsouching). Di mana PJTKI lah selama ini menjadi sumber petaka karena dengan dipaksa masuk PJTKI kita dipaksa membayar tinggi biaya penempatan dengan jaminan dokumen asli penting seperti KK, KTP, Surat Nikah, Ijazah ditahan oleh  PJTKI. Kebijakan – kebijakan seperti di atas yang menghisap dan merampas hak rakyat harus terus kita lawan secara bersama – sama.

Di tengah situasi yang demikian sudah tepat bagi FMN di ulang tahunnya yang ke – 16 mengambil tema  “Tingkatkan Daya Juang dan Militansi: Melompat Jauh Kedepan Perbesar Organisiasi dan Majukan Perjuangan Demokratis Nasional” sebagai organisasi pemuda mahasiswa yang militan, ilmiah dan demokratis terus menggemakan perlawanan di seluruh Indonesia. Kedepan harapan kami FMN selain terus memperbesar dan memperluas organisasi di seluruh pelosok Indonesia dan juga mengembangkan organisasi sampai keluar negeri.

Panjang Umur Front Mahasiswa Nasional!
Jayalah Front Mahasiswa Nasional!

Ketua KABAR BUMI
Iweng Karsiwen
Share this article :

0 komentar:

 
Support : PP FMN | wisata jogja | SPOER
Copyright © 2011. Front Mahasiswa Nasional - All Rights Reserved
Thanks to: Mas Kolis
Proudly powered by Blogger