Headlines News :
Home » , , » PERNYATAAN SIKAP FMN RANTING UNTIRTA : MENUNTUT PERPANJANGAN INTERVAL PEMBAYARAN PENANGGUHAN UKT TAHUN AKADEMIK 2019-2020

PERNYATAAN SIKAP FMN RANTING UNTIRTA : MENUNTUT PERPANJANGAN INTERVAL PEMBAYARAN PENANGGUHAN UKT TAHUN AKADEMIK 2019-2020

Written By PP FMN on Rabu, 26 Februari 2020 | 07.36


Pendidikan semakin sulit dijangkau oleh seluruh rakyat. Hal ini terlihat dari semakin mengakarnya liberalisasi, privatisasi dan komersialisasi pendidikan. Dampaknya tentu sangat jelas akses pendidikan sangatlah sulit dikarenakan biaya pendidikan yang semakin melambung. Di tahun 2018, Rata-rata lama sekolah penduduk Indonesia tahun 2018 adalah 8,5 tahun, yang artinya secara rata-rata penduduk Indonesia hanya mampu sekolah sampai dengan jenjang pendidikan menengah pertama. Ini menunjukkan bahwa pendidikan tidaklah dapat di akses oleh seluruh rakyat.

Adanya skema Uang Kuliah Tunggal (UKT) sesungguhnya merupakan skema ilusi yang dikeluarkan oleh rezim dengan dalih-dalih moralisnya, bahwa UKT adalah subsidi silang yang memiliki arti mahasiswa dengan perekonomian keluarga mampu akan membantu pembiayaan bagi mahasiswa dengan perekonomian keluarga yang kurang mampu. Padahal sejatinya negara harus memiliki tanggung jawab penuh terhadap seluruh masyarakat dalam soal partisipasi pendidikan tanpa membeda-bedakan golongan dan strata sosial. Dalam praktek pelaksanaan UKT sampai hari ini masih banyak terjadi kekeliruan, salah satunya adalah didalam kampus Untirta. Kecacatan yang terjadi dimulai dari penetapan nominal yang tinggi sampai tidak sesuainya kampus dalam melakukan penggolongan (salah sasaran).

Terhitung pasca dilaksanakannya audiensi yang diselenggarakan oleh FMN Untirta bersama dengan organisasi dan individu yang lainnya di tanggal 23 Desember 2019 menghasilkan beberapa kebijakan perihal penangguhan UKT periode 2019-2020. Setelah dilaksanakannya audiensi tersebut tanpa memiliki landasan argumen yang kuat dan tanpa melibatkan mahasiswa dalam menentukan interval waktu periode pembayaran penangguhan UKT Bapak Rektor Fatah Sulaiman dengan tak kenal malu dan sungkan menetapkan politik FASIS anti demokrasi dalam mementukan waktu periode pembayaran Penangguhan UKT untuk semester genap tahun akademik 2019/2020. 

Pemberian interval waktu pembayaran penangguhan  UKT yang terhitung dimulai pada 14 Januari 2020  27 Februari 2020 atau dalam hitungan hari hanya 44 hari, artinya diluar interval waktu tersebut secara otomatis mahasiswa yang tidak mampu membayar akan dicutikan dari aktifitas akademik. Berkaca dari situasi periode interval waktu penangguhan UKT tahun kemarin  yang sampai dengan 3 bulan tetapi untuk periode tahun ini hanya diberikan interval waktu 1 bulan saja.  Bahkan situasi singkatnya periode pembayaran penangguhan UKT untuk semester genap tahun akademik 2019/2020 tersebut akan membuat banyak dari mahasiswa untirta tidak mampu untuk melanjutkan studi di semester selanjutnya. Hasil analisis atas situasi tersebut FMN Ranting UNTIRTA mempertegas dan memperteguh bahwa UNTIRTA tidaklah mengorientasikan lembaganya untuk memajukan tenaga produktif mahasiswanya dengan melapangkan seluas-luasnya kepada seluruh mahasiswa untuk mampu mengakses pendidikan secara ilmiah, demokratis dan mengabdi pada rakyat. Kemajuan ilmu pengetahuan dan kebudayaan untuk rakyat hanyalah ilusi ketika masih banyak mahasiswa dalam hali ini UNTIRTA yang kesulitan untuk mengakses pendidikan. 

Atas kondisi demikian kami dari Front Mahasiswa Nasional Ranting Universitas Sultan Ageng Tirtayasa menyerukan kepada seluruh mahasiswa untirta untuk bersama-sama menuntut diperpanjangnya periode pembayaran penangguhan UKT dengan melaksanakan audiensi bersama rektorat. Yang akan diselenggarakan pada :

Hari/Tanggal : Kamis, 27 Februari 2020
Pukul : 13.00 S/D Selesai
Titik Kumpul : Saung Smesco Kampus  A Untirta

Bersiaplah kita untuk menuntut hak demokratis, rangkul setiap element mahasiswa dan sampai bertemu di medan juang!
Serang, 26 Februari 2020

Hormat Kami,
Ranting Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Rizal Hakiki
Ketua
Share this article :

0 komentar:

 
Support : PP FMN | wisata jogja | SPOER
Copyright © 2011. Front Mahasiswa Nasional - All Rights Reserved
Thanks to: Mas Kolis
Proudly powered by Blogger