Headlines News :
Home » , , , » Pernyataan Sikap Bersama

Pernyataan Sikap Bersama

Written By PP FMN on Rabu, 15 Juli 2020 | 03.01

Mengecam Sanksi Drop Out, Skorsing dan Peringatan Keras Terhadap Mahasiswa Universitas Nasional (UNAS) dalam Rangkaian Aksi dan Kampanye Menuntut Pemotongan Biaya Kuliah Selama Masa Pandemi Covid-19





Front Mahasiswa Nasional (FMN) bersama dengan Front Perjuangan Rakyat (FPR) berinisiatif untuk membuat Pernyataan Sikap Bersama ini dan mengajak kepada seluruh organisasi untuk tergabung dan terlibat dengan cara mencantumkan nama Organisasi/Lembaga serta Individu dalam Pernyataan Sikap Bersama ini.
Salam Demokrasi !
Pandemi covid-19 yang terjadi di Indonesia memberikan dampak bagi kondisi perekonomian rakyat. Bagi mahasiswa, membayar biaya kuliah dimasa krisis adalah kesulitan yang dirasakan. Setelah kebijakan potongan Rp 100.000 yang diberikan Universitas Nasional (UNAS), tanpa didasarkan dengan alasan yang ilmiah. Mahasiswa UNAS melalui Aliansi UNAS GAWAT DARURAT (UGD), membangun persatuan untuk menuntut potongan biaya kuliah yang lebih layak. Upaya perjuangan tersebut dimulai sejak 8 Mei 2020 dan berlangsung hingga saat ini.

Aliansi UGD menuntut kepada Rektor UNAS untuk memberikan potongan biaya kuliah lebih besar, jaminan pemberian upah penuh kepada pekerja, dan berikan transparansi laporan keuangan kepada mahasiswa UNAS. Hal tersebut didasari pada kondisi perkuliahan sejak awal masa pandemi Covid-19 hingga sekarang yang tidak menggunakan fasilitas kampus. Artinya kampus UNAS mendapatkan penghematan pengeluaran dari proses tersebut, sementara mahasiswa tidak mendapatkan hak untuk mengakses fasilitas kampus. Belum lagi temuan dari hasil investigasi, bahwa UNAS merumahkan beberapa pekerjanya tanpa diupah, memotong upah pekerja bahkan dosen.

Sejak bulan Mei 2020 hingga saat ini, Aliansi UGD terus melakukan kampanye dan aksi massa. Namun rektorat UNAS tetap tidak menanggapi secara baik tuntutan dan aspirasi dari mahasiswa. Justru mereka kerap melakukan tindak kekerasan dan intimidasi terhadap mahasiswa. Mulai dari pembubaran paksa disertai dengan pemukulan, tendangan, hingga intimidasi dan ancaman yang terus dilayangkan rektorat UNAS terhadap mahasiswa yang berjuang. Dimulai pada 10 Juni 2020, sebanyak 27 mahasiswa UNAS mendapat surat panggilan dari Komisi Disiplin dengan dalih dimintai klarifikasi atas aktivitasnya. Namun yang terjadi adalah pemaksaan untuk menyatakan tindakan mahasiswa tersebut merupakan kesalahan, dipaksa untuk menandatangani surat pernyataan, hingga diancam untuk dikeluarkan bahkan ancaman pemidanaan.

Upaya untuk membungkam suara mahasiswa UNAS terus terjadi, hingga pada 9 Juli 2020 UNAS mengirimkan Surat Sanksi Akademik, berupa Surat Keputusan Drop Out (DO) terhadap tiga mahasiswa (Krisna Aji/Ketua FMN UNAS, Deodatus/Pimpian GMNI UNAS dan Abia Indou), Surat Skorsing satu semester terhadap tiga mahasiswa ( Soleh, Alan dan Sukarno), serta surat peringatan keras kepada sembilan mahasiswa (Dhafa, Fikram, Elsa, Octavianti, Robbi, Thariza, Berkat, Vicky dan Zaman). Seluruh sanksi tersebut diberikan dengan alasan utama yang sama, yaitu melakukan aktivitas kampanye dan aksi demonstrasi. Tentu alasan tersebut sangat tidak rasional dan tidak ilmiah, karena menyampaikan aspirasi dan melakukan demonstrasi bukanlah suatu pelanggaran, bukan juga kejahatan.

Seperti halnya alasan yang tertulis dalam surat DO untuk Krisna Aji, bahwa dianggap tidak menyesali perbuatannya yang melakukan kampanye dan menuntut pemotongan biaya kuliah, tidak menandatangani surat pernyataan yang dibuat sepihak oleh Komisi Disiplin, dan alasan terakhirnya adalah karena tetap melakukan demonstrasi di depan gerbang UNAS.

Kami mengecam pemberian sanksi DO, Skorsing dan Peringatan Keras terhadap mahasiswa UNAS. Tindakan tersebut semakin menambah catatan buruk kondisi demokrasi di dunia pendidikan. Kampus semakin menjelma sebagai institusi yang menjauhkan prinsip demokrasi dan ilmiah dalam kehidupannya.

Atas dasar itu, kami menyatakan kecaman keras terhadap Rektor UNAS yang memberikan sanksi Drop Out, Skorsing dan Peringatan Keras terhadap mahasiswa UNAS. Kami juga menuntut:



  1. Kepada Rektor UNAS untuk mencabut tanpa syarat sanksi Drop Out, Skorsing, dan Peringatan Keras terhadap sebelas mahasiswa UNAS.
  2. Kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI untuk menindak tegas rektorat UNAS dan jajaranya yang secara arogan telah memberikan sanksi, melakukan tindak kekerasan, intimidasi dan ancaman terhadap mahasiswa yang berjuang menuntut hak demokratisnya di kampus.
  3. Kepada Rektor UNAS untuk memberikan potongan biaya pendidikan yang layak kepada seluruh mahasiswa UNAS dan menjamin diberikannya upah penuh kepada pekerja UNAS. 
  4. Kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI untuk memberikan pembebasan pembayaran biaya kuliah (UKT) kepada seluruh mahasiswa Indonesia tanpa syarat.


Jakarta, 15 Juli 2020
Hormat Kami,



Daftar Organisasi Dalam Pernyataan Sikap Bersama:

1. Front Mahasiswa Nasional (FMN)
2. Front Perjuangan Rakyat (FPR)
3. Gabungan Serikat Buruh Indonesia (GSBI)
4. Yayasan Pusaka Bentala Rakyat
5. International League of People Struggle - Indonesia (ILPS-Indonesia)
6. Institute for National and Democracy Studies (INDIES)
7. Serikat Perempuan Indonesia (SERUNI)
8. Lembaga Studi dan Advokasi Masyarakat (ELSAM)
9. Greenpeace Indonesia
10. Aliansi Gerakan Reforma Agraria (AGRA)
11. Serikat Demokratik Mahasiswa Nasional (SDMN)
12. Linkar Borneo
13. Layung Kalimantan
14. Lembaga Bantuan Hukum Kalimantan
15. Serikat Petani Kelapa Sawit (SPKS)
16. DEMA IAIN Purwokerto
17. Pemuda Baru (PEMBARU) Indonesia
18. Keluarga Besar Buruh Migran Indonesia (KABAR BUMI)
19. Asosiasi Tenaga Kerja Indonesia - Hong Kong (ATKI-HK)
20. LBH Padang
21. DPM FAI UMP Purwokerto
22. BEM Fakultas Peternakan Unsoed
23. Ambyar Alliance (Bandung Raya)
24. HMI Cabang Purwokerto
25. LPM Obsesi IAIN Purwokerto
26. BEM Unsoed
27. PC PMII Gresik
28. PK. PMII Harun Thohir Bawean
29. Aksi Kamisan Kediri
30. LPM Solidaritas FISIP Unsoed
31. Himpunan Mahasiswa Ilmu Politik (HIMAPOL) Unsoed
32. BEM. Univ Langlangbuana Bandung
33. BEM STMIK AKBA Makassar
34. LPM Libratum Univ. Atmajaya Makassar
35. Aliansi Mahasiswa UAJ-M Pro Demokrasi
36. Perhimpunan Pers Mahasiswa Indonesia (PPMI)
37. PPMI DK Makassar
38. PPMI DK Banjarmasin
39. LPM Progress Univ. Indraprasta PGRI
40. LPM Gemercik Universitas Siliwangi
41. BOPM Wacana, Universitas Sumatera Utara (USU)
42. Media Alternatif Muharrik Gresik
43. Aliansi Mahasiswa Makassar
44. LPM Menteng Univ. Wahid Hasyim Semarang
45. KAMMI Daerah Purwokerto
46. Serikat Pekerja Hukum Progresif (SPHP)
47. Youth for Food Sovereignty (YFS)

Informasi dan Kontak:
Dimas  : 085311348678
Bayu    : 0895803426655

Share this article :

8 komentar:

Cepi Hamdani (Saya mendapat pinjaman cepat dari Rika Anderson Lender) mengatakan...

Nama saya Cepi Hamdani dari bandung Indonesia. Saya baru saja mendapatkan pinjaman Rp150.000.000 dan telah ditransfer ke rekening bank saya pada tanggal 18 Agustus 2020.

Saya melihat testimoni dari blog dan twitter Leony Dora Patty dan saya menghubungi dia di email: nyratyy@gmail.com untuk informasi bahwa jika saya memiliki semua syarat dan persyaratan, pinjaman saya akan ditransfer ke saya tanpa penundaan.

Saya diperkenalkan dan dilamar ke ibu RIKA ANDERSON LENDER dengan tingkat bunga 2% karena pinjaman usaha Furnitur dan Pertanian saya disetujui dan ditransfer ke rekening bank saya tanpa biaya tersembunyi.

untuk lebih jelasnya hubungi RIKA ANDERSON LENDER
Kontak melalui email: rikaandersonloancompany@gmail.com
WA +1(323)689-3663
Email: cepihamdani9@gmail.com
Negara: Indonesia
Kota: Bandung
Jumlah: Rp150 Juta
Tanggal: 18/08/2020
Instagram: cepihamdani9
Twitter: @ CepiHamdani9

CELINA DAHIRU ( True Life Story from RIKA ANDERSON LOAN COMPANY mengatakan...

Nama saya CELINA DAHIRU dari dusun jajar RT 04 RW 18 desa petak kecamatan Malo kabupaten Bojonegoro provinsi Jawa timur, Indonesia.

Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan Anda semua agar berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirimkan perjanjian palsu kepada Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran di muka, tetapi memang demikian, karena mereka kemudian akan meminta pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, jadi waspadalah terhadap pemberi pinjaman yang curang.

Baru-baru ini, saya terkendala finansial dan putus asa, saya ditipu oleh pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Allah mengarahkan saya saya melihat kesaksian seorang ibu Amalietha Asmaran melalui email margarethaasmaran@gmail.com di blog dan facebook yang mendapat pinjaman dan merujuk saya ke ibu pemberi pinjaman yang sangat andal CEO RIKA ANDERSON LOAN COMPANY, yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp50.000.000 (50 juta) dan baru-baru ini saya mendapat pinjaman lagi Rp400.000.000 dalam waktu kurang dari 2 jam tanpa tekanan dan tingkat suku bunga hanya 2%.

Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo bank saya dan menemukan bahwa jumlah pinjaman yang saya ajukan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan.

Karena saya berjanji akan membagikan kabar baik agar masyarakat bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stress. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi ibu melalui Whatsapp asli +13236893663 email: rikaandersonloancompany@gmail.com dan dengan rahmat Tuhan, dia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: celinadahiru@gmail.com dan Najwa Mohamed yang juga memperkenalkan dan menginformasikan kepada Ibu RIKA ANDERSON. Anda juga dapat menghubunginya melalui email: najwamohamedh@gmail.com sekarang. Yang akan saya lakukan adalah memenuhi cicilan bulanan pinjaman saya yang saya kirimkan langsung ke rekening bank perusahaan mereka.

PINJAMAN PERUSAHAAN PINJAMAN ANDERSON
Email: rikaandersonloancompany@gmail.com
Hubungi / Whatsapp: +13236893663

ANITA LANSAM mengatakan...

Halo,
Nama saya ANITA LANSAM (lansamanita@gmail.com) dari Tambun, Indonesia Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada ALLAH yang telah mengakhiri penderitaan saya melalui Avants Loans karena telah memberikan pinjaman sebesar Rp280.000.000,00. Bagi yang sedang mencari pinjaman harus sangat berhati-hati karena banyak sekali lender palsu dimana-mana, hanya sedikit yang asli. Saya mengatakan ini karena saya scammed hampir Rp40jt. Hanya PINJAMAN AVAN yang nyata dan tepercaya karena mereka mentransfer pinjaman saya ke rekening saya tanpa menghabiskan banyak waktu. Mereka yang mencari pinjaman online asli dan sah harus menghubungi AVANTS LOAN melalui
Email: (avantloanson@gmail.com)
Whatsapp: (+6281334785906)

NOVITA mengatakan...

Salam untuk seluruh WNI, nama saya NOVITA CAROLINA, TOLONG saya ingin memberikan kesaksian hidup saya di sini di platform ini agar semua WNI berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet, ALLAH mendukung saya melalui ibu saya yang baik Ivana Pedro, Setelah beberapa lama mencoba mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan ditolak, kemudian saya memutuskan untuk mengajukan melalui pinjaman online tetapi saya menipu dan saya kehilangan lebih dari 50 juta rupiah dengan pemberi pinjaman yang berbeda karena saya sedang mencari pinjaman (Rp 2 Miliar) setelah membayar biaya dan tidak mendapatkan pinjaman apapun. Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, maka saya berdiskusi dengan teman saya, Asmaul, dia kemudian memperkenalkan saya dengan Ibu IVANA PEDRO, seorang pemberi pinjaman di sebuah perusahaan bernama OCEAN CREDIT LOAN sehingga teman saya meminta saya untuk melamar ibu Ivana, jadi saya mengumpulkan keberanian dan menghubungi Nyonya Ivana.

Saya mengajukan pinjaman Rp2,5 miliar dengan tingkat bunga 2%, jadi pinjaman disetujui tanpa tekanan dan semua pengaturan dilakukan dengan transfer kredit, karena tidak memerlukan jaminan dan jaminan untuk transfer pinjaman yang baru saja saya suruh. mendapatkan perjanjian lisensi, aplikasi mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari 48 jam uang pinjaman telah disimpan ke rekening bank saya.

Saya pikir itu lelucon sampai saya menerima panggilan dari bank saya bahwa rekening saya dikreditkan dengan jumlah 2,5 miliar. Saya sangat senang akhirnya ALLAH menjawab doa saya dengan memesan pinjaman saya dengan pinjaman asli saya, yang memberikan saya keinginan hati saya. mereka juga memiliki tim ahli yang akan memberi Anda nasihat tentang jenis bisnis yang ingin Anda investasikan dan cara menginvestasikan uang Anda, sehingga Anda tidak akan pernah bangkrut lagi dalam hidup Anda. Semoga ALLAH memberkati Ibu Ivana Pedro yang telah membuat hidup saya lebih mudah, maka saya menyarankan siapapun yang tertarik untuk mendapatkan pinjaman dapat menghubungi Ibu Ivana Pedro melalui email: (ivanapedro85@gmail.com) atau OCEAN CREDIT LOAN email: info@oceancreditloan.com

Anda juga dapat menghubungi Ibu Ivana Pedro melalui nomor WhatsApp: +1-346-367-2942

Akhirnya, saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena telah meluangkan waktu untuk membaca kesaksian sejati hidup saya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa agar ALLAH melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Sekali lagi nama saya NOVITA CAROLINA, Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: (novitacarolina34@gmail.com)

SURYANTO SURYANTO mengatakan...

Saya Suryanto dari Indonesia di Kota Palu, saya mencurahkan waktu saya di sini karena janji yang saya berikan kepada LADY ESTHER PATRICK yang kebetulan adalah Tuhan yang mengirim pemberi pinjaman online dan saya berdoa kepada TUHAN untuk dapat melihat posisi saya hari ini.

Beberapa bulan yang lalu saya melihat komentar yang diposting oleh seorang wanita bernama Nurul Yudianto dan bagaimana dia telah scammed meminta pinjaman online, menurut dia sebelum ALLAH mengarahkannya ke tangan Mrs. ESTHER PATRICK. (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

Saya memutuskan untuk menghubungi NURUL YUDIANTO untuk memastikan apakah itu benar dan untuk membimbing saya tentang cara mendapatkan pinjaman dari LADY ESTHER PATRICK, dia mengatakan kepada saya untuk menghubungi Lady. Saya bersikeras bahwa dia harus memberi tahu saya proses dan kriteria yang dia katakan sangat mudah. dari Mrs. ESTHER, yang perlu saya lakukan adalah menghubunginya, mengisi formulir untuk mengirim pengembalian, mengirim saya scan kartu identitas saya, kemudian mendaftar dengan perusahaan setelah itu saya akan mendapatkan pinjaman saya. . Lalu saya bertanya kepadanya bagaimana Anda mendapatkan pinjaman Anda? Dia menjawab bahwa hanya itu yang dia lakukan, yang sangat mengejutkan.

 Saya menghubungi Mrs ESTHER PATRICK dan saya mengikuti instruksi dengan hati-hati untuk saya, saya memenuhi persyaratan mereka dan pinjaman saya disetujui dengan sukses tetapi sebelum pinjaman dipindahkan ke akun saya, saya diminta membuat janji untuk membagikan kabar baik tentang Mrs. ESTHER PATRICK dan itulah mengapa Anda melihat posting ini hari ini untuk kejutan terbesar saya, saya menerima peringatan Rp350.000.000. jadi saya menyarankan semua orang yang mencari sumber tepercaya untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. ESTHER PATRICK melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) untuk mendapatkan pinjaman yang dijamin, Anda juga dapat menghubungi saya di Email saya: (suryantosuryanto524@gmail.com)

goberto suryawan mengatakan...

Assalamualaikum, saya GOBERTO SURYAWAN sangat senang karena saya mendapat pinjaman kedua dari RYAN CEANIC LOAN FIRM dan kali ini saya mendapat pinjaman sebesar Rp. 330 juta setelah saya diminta untuk membayar biaya asuransi pinjaman dan biaya transfer, semua puji Tuhan, saya mendapat pinjaman Rp. 330 juta dari RYAN CEANIC LOAN FIRM semoga ALLAH memberkati semuanya, saran saya untuk yang mencari pinjaman di situs ini harus sangat berhati-hati karena masih banyak pemberi pinjaman palsu, RYAN CEANIC LOAN FIRM adalah salah satu online terbaik pemberi pinjaman untuk pinjaman 100%, hubungi mereka di (ryanceanicloanfirm1@gmail.com) atau whatsapp +441545360007. Email saya sendiri adalah (gobertosuryawan627@gmail.com)

goberto suryawan mengatakan...

Assalamualaikum, saya GOBERTO SURYAWAN sangat senang karena saya mendapat pinjaman kedua dari RYAN CEANIC LOAN FIRM dan kali ini saya mendapat pinjaman sebesar Rp. 330 juta setelah saya diminta untuk membayar biaya asuransi pinjaman dan biaya transfer, semua puji Tuhan, saya mendapat pinjaman Rp. 330 juta dari RYAN CEANIC LOAN FIRM semoga ALLAH memberkati semuanya, saran saya untuk yang mencari pinjaman di situs ini harus sangat berhati-hati karena masih banyak pemberi pinjaman palsu, RYAN CEANIC LOAN FIRM adalah salah satu online terbaik pemberi pinjaman untuk pinjaman 100%, hubungi mereka di (ryanceanicloanfirm1@gmail.com) atau whatsapp +441545360007. Email saya sendiri adalah (gobertosuryawan627@gmail.com)

putu ernawati mengatakan...

Halo semuanya, tolong, saya langsung ingin menggunakan media ini untuk membagikan kesaksian saya tentang bagaimana Tuhan mengarahkan saya kepada pemberi pinjaman kredit yang benar-benar mengubah hidup saya dari kemiskinan menjadi wanita kaya dan sekarang saya memiliki hidup sehat tanpa stres dan kesulitan keuangan,

Setelah berbulan-bulan mencoba mendapatkan pinjaman di internet dan saya ditipu 100 juta saya menjadi sangat putus asa untuk mendapatkan pinjaman dari pemberi pinjaman online yang sah secara kredit dan itu tidak akan menyakiti saya, jadi saya memutuskan untuk beralih ke teman saya untuk meminta saran bagaimana cara mendapatkan pinjaman online, kami membicarakannya dan kesimpulannya adalah tentang seorang bernama Mr. Ryan Ceanic yang merupakan CEO dari RYAN CEANIC LOAN FIRM Company

Saya mengajukan pinjaman sejumlah (Rp 300 juta) dengan bunga rendah 1%, jadi pinjaman yang disetujui mudah tanpa stres dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena tidak memerlukan jaminan untuk transfer. . Dalam pinjaman, saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari dua jam, uang pinjaman itu disimpan ke rekening bank saya.

Saya pikir itu bercanda sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa rekening saya sudah dikreditkan senilai Rp300 juta. Saya sangat senang akhirnya Tuhan menjawab doa-doa saya dengan menginstruksikan pemberi pinjaman saya dengan kredit nyata, yang dapat memberikan keinginan hati saya.

Terima kasih banyak kepada Tuan RYAN CEANIC karena membuat hidup saya adil, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Tuan RYAN CEANIC baik melalui E-mail (ryanceanicloanfirm1@outlook.com) ATAU whatsapp: +441545360007. untuk informasi lebih lanjut tentang cara mendapatkan pinjaman Anda,

E-mail (ryanceanicloanfirm1@outlook.com) ATAU whatsapp: +441545360007


Jadi, terima kasih banyak telah meluangkan waktu Anda untuk membaca tentang kesuksesan saya dan saya berdoa agar Tuhan akan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Nama saya Putu Ernawati, Anda dapat menghubungi saya untuk referensi lebih lanjut melalui email saya: (ernputu1999@gmail.com)
Terima kasih untuk kalian semua

 
Support : PP FMN | wisata jogja | SPOER
Copyright © 2011. Front Mahasiswa Nasional - All Rights Reserved
Thanks to: Mas Kolis
Proudly powered by Blogger