Headlines News :
Home » , , , » Kecaman untuk Pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin

Kecaman untuk Pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin

Written By PP FMN on Jumat, 25 September 2020 | 00.33

Hentikan Kekerasan dan Intimidasi, Serta Bebaskan Massa Aksi yang Ditangkap dalam Peringatan Hari Tani Nasional 2020 




Peringatan Hari Tani Nasional 2020 diwarnai dengan berbagai penangkapan dan pembubaran paksa massa aksi oleh pihak kepolisian. Penangkapan dan pembubaran paksa hingga kekerasan ini terjadi di empat kota di Indonesia, Makassar, Bengkulu, Solo, dan Kupang.

Di Kota Makassar terjadi pembubaran paksa dan penangkapan terhadap 26 orang massa aksi dari aliansi Gerak Makassar yang melakukan aksi di DPRD Provinsi. Hal lebih brutal terjadi di Solo, di mana pihak kepolisian melakukan tindak kekerasan berupa pemukulan, pengrusakan kendaraan peserta aksi, hingga menangkap 40 orang massa aksi dari Aliansi Pelajar Sukoharjo dan mahasiswa yang akan melakukan aksi peringatan Hari Tani Nasional.

Peringatan Hari Tani Nasional yang dihadapkan tindak represif juga terjadi di Kupang, Nusa Tenggara Timur. Terjadi penangkapan terhadap 13 orang massa aksi dari Gerakan Rakyat Mahasiswa Untuk Petani (Geram Tani), di mana penangkapan tersebut disertai dengan aksi kekerasan aparat kepolisian terhadap massa. Terakhir di Kota Bengkulu, penangkapan terjadi kepada 8 orang dari Gerakan Bengkulu Berdaulat. Sementara itu aksi Front Perjuangan Rakyat di Jakarta juga mendapat intimidasi dan ancaman penangkapan dari aparat kepolisian.

Kekerasan, intimidasi, hingga penangkapan yang terjadi pada peringatan Hari Tani Nasional 2020 menambah catatan panjang tindakan anti demokrasi rezim Jokowi. Wajah anti kritiknya semakin nampak saat ini, demi memuluskan seluruh kebijakan yang menindas rakyat dan melayani kepentingan imperialisme, bahkan pemerintah rela menukarnya dengan nyawa rakyat Indonesia.

Tentu hal tersebut semakin memperburuk kondisi dan kehidupan rakyat. Di tengah pandemi Covid-19 dan ketidakmampuan rezim Jokowi menjamin pemenuhan dasar rakyat. Menjadi rasional jika rakyat, termasuk gerakan mahasiswa lebih intensif melakukan aksi dan menyampaikan tuntutannya. Sebab pemerintah hanya mampu memaksa rakyat berdiam diri, pasif, dan acuh atas situasi saat ini dengan berbagai sogokan dan tipuan berupa bantuan sosial yang tiada berguna, hidup rakyat hanya dihargai ratusan ribu rupiah oleh pemerintah. Sementara di sisi lain, pemerintahan Jokowi, Tuan Tanah Besar dan Borjuasi Besar Komprador semakin gencar menindas rakyat.

Atas dasar tersebut maka kami dari Pimpinan Pusat Front Mahasiswa Nasional menyatakan sikap mengecam berbagai tindak kekerasan, intimidasi dan penangkapan dilakukan oleh kepolisian terhadap massa aksi yang sedang memperingati Hari Tani Nasional 2020. Kami juga menuntut:

  1. Kepada Kapolri untuk segera membebaskan tanpa syarat seluruh massa aksi yang ditangkap dalam momentum peringatan Hari Tani Nasional 2020!
  2. Berikan konpensasi materil dan non materil terhadap massa aksi yang menjadi korban kekerasan dan penangkapan!
  3. Kepada Pemerintahan Jokowi untuk menghentikan tindak kekerasan, intimidasi, pasifikasi dan penangkapan terhadap rakyat yang berjuang menuntut hak demokratisnya.

Dalam momentum Hari Tani Nasional 2020, FMN juga menyerukan kepada pemuda mahasiswa untu “Pemuda Mahasiswa Terlibat Aktif dalam Pembangunan serta Perjuangan Klas Buruh dan Kaum Tani. Majukan Pengetahuan dan Teknologi di Indonesia dengan Membantu Pembebasan Kaum Tani dari Sistem Produksi Terbelakang dan Tradisional”.

Jakarta, 25 September 2020

Hormat Kami,

Pimpian Pusat

Front Mahasiswa Nasional 


Symphati Dimas Rafi’i

Ketua Umum

Share this article :

1 komentar:

ANITA LANSAM mengatakan...

Halo,
Nama saya ANITA LANSAM (lansamanita@gmail.com) dari Tambun, Indonesia Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada ALLAH yang telah mengakhiri penderitaan saya melalui Avants Loans karena telah memberikan pinjaman sebesar Rp280.000.000,00. Bagi yang sedang mencari pinjaman harus sangat berhati-hati karena banyak sekali lender palsu dimana-mana, hanya sedikit yang asli. Saya mengatakan ini karena saya scammed hampir Rp40jt. Hanya PINJAMAN AVAN yang nyata dan tepercaya karena mereka mentransfer pinjaman saya ke rekening saya tanpa menghabiskan banyak waktu. Mereka yang mencari pinjaman online asli dan sah harus menghubungi AVANTS LOAN melalui
Email: (avantloanson@gmail.com)
Whatsapp: (+6281334785906)

 
Support : PP FMN | wisata jogja | SPOER
Copyright © 2011. Front Mahasiswa Nasional - All Rights Reserved
Thanks to: Mas Kolis
Proudly powered by Blogger